Let’s Knit! ~ Mari Merajut! <3

Merajut? Sangat girly, ya? Banyak orang (terutama cewek nih) pengen banget bisa merajut. Tapi begitu melihat prosesnya langsung menyerah: terlalu rumit! Tunggu, terlalu rumit? Tidak sama sekali jika kamu belajar pada orang atau video yang tepat. Merajut bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan 🙂 . 

Jika tidak memiliki kenalan yang bisa mengajarkan cara merajut atau tidak memiliki banyak waktu untuk kursus,  banyak video di Youtube yang siap menyesuaikan jadwal senggangmu. Salah satunya yang paling mudah diikuti adalah video Knitting Tutorial for Beginners yang bisa dilihat di sini. Meskipun videonya berbahasa Inggris, namun instrukturnya memiliki logat yang sangat jelas yang insyaAllah bisa diikuti meski bahasa Inggris yang dimiliki masih level beginner sekalipun :p. Video tersebut terdiri dari 12 video yang berbeda yang membahas secara detail dari awal sampai akhir merajut serta tips-tips yang diperlukan dalam merajut.

Sebelum merajut, mari kita kenali dulu beberapa jenis benang yang bisa digunakan.Merajut berbeda dengan crocheting karena kita menggunakan dua stik jarum sehingga benang yang sebaiknya dipakai adalah benang wool yang tebal. Untuk membuat syal, sweater, kaos kaki, sarung tangan, dsb pilih yang lembut seperti gambar di bawah ini:

benang wool

benang wool

Kalau ingin membuat tas dipilih bahan yang lebih kuat seperti benang nilon. Meski teksturnya agak kasar dan kadang sakit di tangan pas mengerjakan rajutannya, namun bahan ini lebih kuat untuk dibuat sebagai bahan tas.

benang nilon

benang nilon

Masih banyak tipe benang-benang lain yang sering dipakai untuk merajut. Untuk tipe benang bisa dibahas lebih lanjut pada postingan berikutnya insyaAllah 🙂 .

Jarum/stik rajut yang digunakan pun ada dalam berbagai macam ukuran. Ukurannya disesuaikan dengan seberapa jarang hasil rajutan yang diinginkan. Dahulu sebelum nemu toko yang jual stik rajut, saya malah menggunakan sumpit mi ayam 😀 *curcol*.

stik rajut dalam berbagai ukuran

stik rajut dalam berbagai ukuran

Dalam belajar merajut, yang paling umum dipilih sebagai latihan adalah membuat syal/scarf. Di awal-awal mungkin akan masih sangat berantakan. Namun jangan khawatir, semakin lama latihan nanti akan semakin rapi 🙂 . Untuk pembelajaran awal, bisa belajar teknik yang paling sederhana yaitu teknik stich dan purl.

rajutan pertama

rajutan pertama, teknik stitch

rajutan kedua

rajutan kedua, teknik stitch

rajutan ketiga, purl stich, *i'm getting better! >.< *

rajutan ketiga, teknik purl stich, *i’m getting better! >.< *

My latest scarf >.< *sudah rapi :D *

My latest scarf >.< *sudah rapi 😀 * teknik stitch

Jangan sungkan berlatih berkali-kali. Tidak apa-apa menghabiskan bergulung-gulung benang untuk percobaan di awal karena akan banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan memiliki kemampuan merajut yang memadahi. Salah satunya adalah membuat kaos kaki bayi yang disisipi cinta di setiap rajutannya 😀 😀 😀 *mulai salah fokus*.

Ohya, selain teknik stitch dan purl, masih ada puluhan teknik lain yang bisa dipelajari. Jika sudah bisa beberapa teknik, bisa mengkombinasikan tiap teknik untuk dibuat baju, sweater, selimut, dkk.

berbagai jenis teknik rajut

berbagai jenis teknik rajut

Dan salah satu dari sekian cita-cita saya adalah: memiliki cukup waktu untuk berlatih membuat kaos kaki bayi >.<. InsyaAllah setelah mahir membuatnya akan saya postingkan bagaimana cara membuatnya 😀 😀 .Untuk sementara, silakan dilihat hasil-hasil rajut yang menakjubkan di bawah ini:

scarf >.<

scarf >.<

selimut bayi :D

selimut bayi 😀

sarung bantal

sarung bantal

dompet

dompet

topi lucu >.<

topi lucu >.<

sepatu bayi >.< <3

sepatu bayi >.< ❤

kaos kaki bayi >.<

kaos kaki bayi >.<

v-neck cardigan

v-neck cardigan

dress lucu :D

dress lucu 😀

syal dengan kantong

syal dengan kantong

Dan maaaasssiiiih banyak lagi kreasi yang bisa kita lakukan dengan rajutan. Sudahkah hatimu tergerak setelah melihat gambar-gambar bayi imut di atas? >.< . Let’s knit, girls! 😀

I’ll post about knitting tutorials on the next occasion, insyaAllah 🙂.

Advertisements

Mari berdiskusi... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s