Trilogi Liburan Akhir Tahun 2014 ~ Bagian II: Taman Nasional Baluran

Puas mendaki Gunung Ijen, rombongan kami berpindah lokasi menuju Taman Nasional Baluran yang terletak di Kabupaten sebelah utara Banyuwangi yakni Kabupaten Situbondo. Sebenarnya saya juga nggak paham betul kenapa bisa pindah Kabupaten hanya dalam jarak yang menurut saya dekat. Namun, begitu yang dikatakan Google saat saya melakukan pengecekan. Jadi ya apa boleh buat #eh

Tujuan utama kami di TN Baluran adalah menyaksikan Little Africa. TN Baluran memiliki vegetasi sabana yang sering ditemukan di Afrika. Untuk memasuki kawasan vegetasi sabana, kami melewati kawasan hutan hijau terlebih dahulu. Ohya, kami menggunakan tiga buah mobil selama perjalanan di taman nasional ini. Kami bisa menikmati hijaunya pemandangan dari jendela mobil dan sesekali menemui beberapa hewan yang dilindungi di taman nasional ini. Semacam wisata di taman safari gitu :D.

vegetasi hijau TN Baluran

vegetasi hijau TN Baluran

Namun, jalur yang kami lewati tidak terlalu bagus. Banyak lubang dan bahkan genangan air (saat itu sedang musim hujan) yang menyulitkan pengendara kendaraan.

DSCF6005

Genangan air di beberapa tempat

Jalan menuju Pos Bekol

Jalan menuju Pos Bekol

Di balik rimbunnya pepohonan dan semak, beberapa kali kami menemui ayam hutan. Sekali pernah terlihat seekor kijang dan sesuatu yang besar dan hitam, kalau bukan kerbau mungkin banteng atau mungkin sesuatu yang lain :p. Kemungkinan memang hewan hitam besar itu adalah banteng karena TN Baluran terkenal pula dengan bantengnya. Maskot TN Baluran adalah banteng.

TN Baluran terbagi menjadi beberapa pos pengamatan yang salah satunya akan kami kunjungi yakni pos pengamatan Bekol yang memiliki vegetasi sabana. Di pos pengamatan Bekol, terdapat pula fasilitas pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, dan burung. Di sini terdapat pula populasi monyet dan burung rangkong. Namun, vegetasi sabana inilah yang paling menarik bagi kami dan rombongan wisatawan lain. Dengan pepohonan berdaun jarang dan juga tumbuh jarang-jarang sejauh mata memandang: seperti di Afrika!

favourite spot!

most favorite spot!

Foto bersama sebagian rekan-rekan Javenture. Saya di paling kiri dan suami di paling kanan :D

Foto bersama sebagian rekan-rekan Javenture. Saya di paling kiri dan suami di paling kanan 😀

Ceritanya numpang honeymoon >.<

Ceritanya numpang honeymoon >.<

Selain itu, di pos pengamatan Bekol terdapat fasilitas pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, dan burug. Terdapat pula wisma peneliti, wisma tamu, dan menara pandang.

merak hijau (Pavu muticus) betina, ditandai dengan tidak adanya bulu panjang penutu ekor

merak hijau (Pavu muticus) betina, ditandai dengan tidak adanya bulu panjang penutup ekor

Puas berkeliling sabana dan berfoto, kami pun pindah ke pos pengamatan Bama yang merupakan ekosistem pantai. Namun, pantai yang kami dapati tidak begitu terawat dan banyak sampah berceceran di pantai. Sangat disayangkan ternyata masih banyak orang yang tidak sadar akan kebersihan dan keindahan.

Di lokasi pantai Bama, banyak terdapat monyet abu-abu berkeliaran. Rupanya mereka adalah atraksi dari pantai ini karena saat air laut surut mereka suka memancing kepiting/rajungan dengan ekornya. Namun sayang kami tidak berkesempatan untuk menyaksikan atraksi tersebut.

Seekor monyet abu-abu

Seekor monyet abu-abu

Setelah menunaikan sholat Ashar, kami pun kembali ke Banyuwangi untuk makan malam, membeli oleh-oleh, dan mandi. Setelah itu, kami menuju ke stasiun Rogojampi untuk menuju stasiun Gubeng Surabaya dan menuju ke tujuan masing-masing. Rata-rata masih memiliki waktu untuk sehari pulang ke rumah masing-masing sebelum menjalani rutinitas pekerjaan kembali di Jakarta. Namun, bagi saya, mas suami, Dian, Wafi, dan Fian, perjalanan belum usai. Surabaya dan Mojokerto sudah menanti. 😀

To be continued

p.s.

Masih sangat berterima kasih kepada Dian, Fian, Anom yang fotonya saya pakai di artikel ini. 😀

Advertisements

Mari berdiskusi... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s