Kerajinan Flanel – Long Lasting Birthday Cake

Pernah terpikirkan untuk membuat kado unik yang spesial? Biasanya kita mungkin lebih fokus pada isi kadonya saja tanpa memperhatikan bungkusnya. Akhirnya, bungkus kado pun hanya berupa kotak kardus yang dibungkus dengan kertas kado biasa. Paling pol dikasih pita 😦 . Nah, jika teman-teman ada yang ingin menyenangkan teman yang hendak dikado dari pandangan pertama dengan bungkus kado yang sangat eye catching dan tidak ada yang menyamai karena buatan sendiri. Mungkin ide ini bisa dicoba. 🙂

Kue imut dari flanel

Kue imut dari flanel. Foto ini saya ambil di koperasi TK Al-Azhar Syifa Budi Solo saat sedang ada acara gerak sehat untuk semua guru yayasan. Inspirasi pada kreasi kali ini 🙂

Mari membuat Long Lasting Birthday Cake! 

Kerajinan ini sangatlah mudah dibuat. Bahkan untuk pemula yang tidak pernah memegang jarum jahit. Bisa dikreasi dengan tema lain yang diinginkan. 🙂 Long Lasting Birthday Cake yang saya buat ini mengambil ide kue mocca dengan siraman coklat yang meleleh di semua sisi kue. Sounds tasty, right? Kebetulan yang dikado memang maniak coklat.

ini inspirasinya! :D diambil dari www.wetakethecake.com

ini inspirasinya! 😀
diambil dari http://www.wetakethecake.com

Bahan dan alat:

1. kain flanel berbagai warna (saya pilih warna krem dan coklat tua sebagai warna dasar)

2. benang jahit warna putih

3. jarum jahit

4. gunting

5. toples atau kaleng roti bekas lengkap dengan tutupnya, bentuk bisa disesuaikan keinginan (saya memakai kaleng roti)

6. lem UHU

7. selotip (bolak balik)

8. kain perca untuk dalaman toples/kaleng (optional)

9. Dakron berbahan silikon (sedikit saja)

Cara membuat:

1. Gunting kain flanel berwarna krem seukuran badan kaleng. Rekatkan menutupi badan kaleng dengan selotip.

2. Gunting kain flanel berwarna krem seukuran dasar kaleng. Rekatkan menutupi dasar luar badan kaleng dengan selotip.

3. Biarkan tutup kaleng tanpa flanel dahulu.

4. Gunting huruf-huruf membentuk ucapan selamat dari flanel warna-warni. Untuk warna dan ukuran huruf bisa menyesuaikan besarnya tutup kaleng. Kalau perlu, sebelum menggunting flanel, bisa membuat ucapan dari kertas dan digunting lalu dicocokkan dengan tutup kaleng sehingga tidak perlu mengulang pengguntingan flanel jika guntingan terlalu besar atau terlalu kecil. 🙂

5. Gunting kain flanel berwarna coklat tua sedikit lebih besar dari tutup kaleng agar bisa menutupi bagian pinggir kaleng. Jangan tempelkan dengan tutup kaleng terlebih dahulu.

6. Rekatkan huruf warna-warni membentuk ucapan dengan lem UHU.

7. Untuk lilinnya, saya memilih untuk membuatnya dalam bentuk 3D. Jadi harus dijahit dulu. Caranya, gunting flanel berwarna putih (atau bebas 🙂 ) membentuk angka yang dikehendaki. Usahakan untuk membuat angka yang agak gendut agar bisa dengan mudah diisi dakron. Jahit memutar dengan tusuk feston mengelilingi angka, sisakan sedikit lubang di ujungnya untuk memasukkan dakron. Bisa menggunakan bantuan sumpit untuk memasukkan dakron pada celah sempit. Setelah selesai memasukkan dakron, tutup jahitan.

tusuk feston

tusuk feston; gambar diambil dari healtcarez.com

8. Jahit bagian bawah angka ke kain flanel penutup tutup kaleng. Jahit sedemikian rupa agar lilin flanel bisa berdiri tegak.

9. Tempelkan flanel penutup tutup kaleng dengan isolasi. Gunting isolasi kecil-kecil untuk merekatkan flanel pada pinggiran toples.

10. Finishing! Siramkan coklat leleh pada sekeliling kue! ❤ . Caranya, gunting kain flanel berwarna coklat tua dengan satu sisi rata dan sisi lainnya membentuk lelehan coklat. Kreasikan lelehan coklat sesuka hati.

11. Tempelkan flanel coklat leleh ke badan toples, usahakan untuk menyisakan sedikit ruang untuk tutup kaleng agar kaleng bisa ditutup rapat.

12. Gunting flanel berwarna coklat tua membentuk hiasan pada dasar kue. Tempelkan dengan menggunakan isolasi.

13. Optional: Gunting kain perca sesuai dengan dinding dalam kaleng, rekatkan dengan menggunakan isolasi.

Done!

Membuat Long Lasting Birthday Cake ini tidaklah sulit. Hanya memerlukan sedikit ketelatenan karena banyaknya detail yang diperlukan. Namun, ini sangat mengasyikkan. Apalagi jika sudah melihat hasil jadinya. Sepagian menggunting-gunting dan memberantakkan kamar pun terbayarkan 😀 . Ini dia Long Lasting Birthday Cake! Siap diisi dengan kado yang sesungguhnya. 🙂

Biaya yang diperlukan pun tidak mahal. Kain flanel (di area Solo) seharga 3000 per lembar dengan ukuran 30 cm x 30 cm. Kaleng bekas diperoleh secara gratis dari hasil bongkar-bongkar lemari makan Ibu (bonus kue jika masih ada isinya :p ). Selotip dan lem UHU yang dipakai juga tidak banyak, begitu pula bahan lainnya. Total biaya pembuatan tidak lebih dari +/- 10ribu rupiah, kita sudah bisa membuat kue ulang tahun yang anti basi 😀 .

Happy Birthday, Tebe-kun! :D

Happy Birthday, Tebe-kun! 😀

Selamat mencoba 🙂 .

P.s.

Maaf tidak menyertakan gambar step by step karena saat pembuatan tidak terpikir untuk memasukkannya dalam blog. :p Semoga instruksinya jelas dan memudahkan 🙂 .

Advertisements

Mari berdiskusi... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s