Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Bersuamikan orang rantau membuat saya semakin akrab dengan perjalanan darat memakai jasa Kereta Api. Karena selain ketepatan waktunya bisa diandalkan (yeyeyeye PT. KAI! 😀 ), harga tiket relatif stabil dan tidak membuat kantong bolong. Meski harga tiket akhirnya naik ratusan persen, tapi setidaknya lebih murah daripada pesawat non promo (masih masa berjuang 😀 ). 

Nah, di akhir Desember kemarin, saya akhirnya berurusan dengan pembatalan tiket. Ceritanya sih, saya akan pergi ke Jakarta bareng mas suami tapi kehabisan tiket yang berangkatnya bareng (suami sudah beli tiket jauh hari sebelumnya. Saya yang labil baru minta bareng beberapa minggu sebelum keberangkatan #duh). Nah, akhirnya beli tiket kelas Bisnis yang harganya (sudah menjadi sangat) lumayan dan berangkat satu hari setelah mas suami. Eh, di hari-hari terakhir sebelum keberangkatan ternyata dapet tiket ekonomi yang bisa bareng suami. Mana harganya hanya 16%nya saja :p. Maka, tiket bisnis pun saya nyatakan BATAL!

Pertama masih agak bingung juga bagaimana cara membatalkan tiket. Berdasarkan petunjuk dari teman, saya pun menuju ke Stasiun Solo Balapan yang ditunjuk sebagai salah satu stasiun yang melayani pembatalan tiket. Oleh karenanya, langkah-langkah yang saya tuliskan di sini adalah langkah-langkah pembatalan berdasarkan pengalaman saya di Stasiun Balapan Solo. Mungkin yang berbeda dengan pembatalan di stasiun lain hanya lokasi Loket saja. 🙂

Berikut adalah langkah-langkah pembatalan tiket kereta api di Stasiun Balapan Solo:

1. Menuju bagian informasi di sebelah kiri setelah pintu masuk dengan membawa KTP asli, fotokopi KTP, dan tiket yang akan dibatalkan maksimal 30 menit sebelum keberangkatan. (Pembatalan atas nama orang lain selain mempersiapkan persyaratan tersebut juga harus melampirkan surat kuasa).

2. Dengan panduan petugas, mengisi form pembatalan.

3. Mendapatkan selembar kertas pembatalan berwarna pink yang sudah divalidasi oleh petugas.

4. Pengambilan refund adalah antara 30 hari sampai maksimal 45 hari setelah tanggal pembatalan. (Kebetulan saya lupa untuk mengambil refund pada tanggal 23 Januari kemarin dan baru mengambilnya hari ini yaitu tanggal 26 Januari).

5. Di Stasiun Balapan, pengambilan refund dilayani di Loket 2 (kiri pintu masuk peron) dengan menunjukkan kertas pink dan identitas yang berlaku sesuai dengan tiket. (Karena KTP saya masih diproses di Kecamatan pasca pernikahan, saya menggunakan SIM 🙂 ).

6. Refund yang didapatkan adalah 75% dari harga tiket.

Ternyata mudah mengurusnya! Lumayan uang refundnya bisa buat beli tiket lagi besok 😀 . Perlu diketahui bahwa stasiun yang melayani pembatalan tiket di wilayah Solo hanya Stasiun Balapan. Berikut daftar stasiun kereta api yang melayani pendaftaran tiket: klik di sini.

Untuk pembatalan lebih dari satu tiket, bisa dicermati langkah-langkahnya di sini.

Sekian. Semoga bermanfaat, Para Pejuang Kereta Api! 😀

Tampak Depan Stasiun Balapan Solo, gambar diambil dari en.wikipedia.org

Tampak Depan Stasiun Balapan Solo, gambar diambil dari en.wikipedia.org

Mari berdiskusi... :)

