Let’s Knit! or Crochet? ~ Beda Knitting dengan Crocheting

Bagi teman-teman yang baru belajar merajut, mungkin masih bingung apa bedanya knitting dan crocheting. Berdasarkan pengalaman saya yang tak seberapa tentang keduanya (pemula, harap maklum 😀 ), berikut perbedaan di antara keduanya:

1. Knitting 

Knitting dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan sebagai merajut. Alat yang digunakan adalah dua stik jarum dengan ujung lancip dan ujung lainnya rata (seperti pensil). Bahan stik jarum tersebut bisa berbahan aluminium, plastik, atau bahkan kayu dalam berbagai ukuran.

Sewaktu dulu saya ke toko rajut dan meminta alat merajut, saya disodori hakpen. Bingung juga sih kenapa begitu. Akhirnya saya terangkan yang saya mau stik jarum untuk merajut. Ternyata tidak dijual. Menurut pengalaman saya (dih 😀 😀 ), crocheting lebih populer di Indonesia dan sudah dipraktekkan sejak ibu bahkan nenek kita masih muda :D.

Namun demikian, menurut saya, knitting jauh lebih mudah daripada crocheting. Setidaknya dalam hal ‘megang’ benang karena kita terbantu dengan dua stik jarum. Selain itu, knitting membuat hasil rajutan lebih mudah dijaga kerapiannya karena sekali lagi terbantu oleh stik jarum yang bisa dipakai untuk memegang benang 🙂 .

Knitting - gambar diambil dari www.i-am-bored.com

Knitting/merajut – gambar diambil dari http://www.i-am-bored.com

2. Crocheting

Crocheting dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai merenda. Alat yang digunakan adalah satu hakpen dengan salah satu atau kedua ujung bengkok seperti kait pancing. Hakpen atau dalam bahasa Inggrisnya crochet hook ini ada dalam berbagai macam ukuran pula. Kebanyakan yang dijual di toko berbahan aluminium dengan ukuran kecil. Agak susah (apalagi di Solo) untuk mencari hakpen dengan ukuran lebih dari 3 mm. Sehingga kemarin saya pesan via online 😦 .

Menurut saya, crocheting lebih sulit daripada knitting. Karena hanya satu tangan yang bekerja sementara tangan yang lain memegang benang dan menjaga agar benang tidak mudah lepas. Agak sulit juga menjaga kerapian hasil renda karena harus konstan dalam mengulur benang. Namun, crocheting membuat penggunanya lebih luwes karena bisa membuat lingkaran dan bentuk-bentuk lain. Alat yang diperlukan juga jauh lebih ringkas daripada knitting yang jarumnya (kebanyakan) panjang-panjang. Selain itu, kebanyakan bros bunga, daun, dll dibuat dengan teknik ini 🙂 .

Crocheting/merenda - gambar diambil dari rachicks.com

Crocheting/merenda – gambar diambil dari rachicks.com

Hakpen Crochet ukuran 2.5 mm sampai 1 cm

Hakpen Crochet ukuran 2.5 mm sampai 1 cm

Untuk hakpen sendiri harganya bervariasi. Mulai dari yang paling murah di kisaran dua ribuan sampai yang harganya puluhan bahkan ratusan ribu untuk satu hakpen. Semakin mahal hakpen tentunya semakin nyaman saat dipakai. 🙂

Teknik mana yang ingin kamu pelajari? Mungkin bisa belajar keduanya lalu membandingkan lebih cocok memakai teknik yang mana. Atau belajar keduanya dan menekuni keduanya sekaligus. 😀 . Yang jelas, masing-masing teknik memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ayo, segera ambil benang dan peralatannya! Merajut tidak sesulit kelihatannya kok. Hanya perlu kesabaran dan ketelatenan. Tak perlu susah mencari guru. Youtube bisa menyesuaikan jadwalmu. Berikut link yang sangat mudah untuk diikuti instruksinya:

Knitting: Knitting Tutorial for Beginners 

Crocheting: Crochet Guru 

Selamat belajar 🙂 .

[featured image taken from maryfrancesbooks.com]

Advertisements

One thought on “Let’s Knit! or Crochet? ~ Beda Knitting dengan Crocheting

Mari berdiskusi... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s