Let’s Crochet! A Cute Baby-sized Beanie

Salah satu daya tarik merajut (atau merenda) bagi saya adalah bahwa hasilnya nanti berasal dari tangan kita langsung. Kalau mau sedikit lebay, ada cinta di tiap rajutannya 😀 . Selain itu, dengan bisa membuat sendiri rajutan yang kita inginkan, kita bisa berkreasi sesuka hati sesuai dengan imajinasi kita. 

Setelah mulai bisa knitting, saya beralih untuk mulai belajar crocheting. Kenapa harus belajar crocheting saat sudah bisa knitting? Saya rasa dengan menguasai keduanya, saya bisa nantinya memadukan kedua teknik tersebut pada sebuah karya. Selain itu, saya belajar crocheting karena bahan dan alatnya melimpah ruah di tempat saya tinggal sementara mencari benang knitting jauh lebih susah :p.

Nah, karena saya sudah menikah, maka orientasi belajar saya sekarang berubah menjadi membuat sesuatu untuk sang dedek baby!! 😀 Jadi sementara nungguin dedek bayinya, saya mau mulai nyicil baju-baju penuh cinta buat si dedek. Biar nanti kalau dedek sudah ada, saya sudah ahli dan dedek pun bisa memakai baju/topi/kaos kaki/sepatu yang lucu-lucu dari Ibu ❤ .

Sebagai permulaan, saya belajar membuat beanie atau kupluk seukuran kepala bayi. Awal membuatnya, saya membuat magic circle untuk fondasinya. Entah mengapa percobaan pertama langsung jadi cekung sebelum waktunya. Mungkin karena saya terlalu kuat menarik benangnya :p.

Jadinya begini o.O

Jadinya begini o.O

Karena bingung, akhirnya saya ulangi lagi. Kali ini lebih berhati-hati agar tidak terlalu semangat menarik benangnya :p . Jadinya pun begini.

Lumayan lah :D

Lumayan lah 😀

Lingkaran tersebut nantinya akan menjadi dasar fondasi dari beanie yang akan dibuat.

Karena ukurannya baby-sized, saya hanya menggunakan satu gulung benang saja. Untuk berlatih, saya tidak memakai benang khusus baby tapi masih menggunakan benang jenis kinlon. Benang kinlon relatif mudah dipakai untuk berlatih karena ukurannya yang agak besar dan tidak terlalu lembut tapi juga tidak terlalu kasar. Dan entah bagaimana ceritanya, beanie yang dihasilkan menjadi terlalu besar untuk bayi tapi terlalu kecil untuk balita. Mungkin karena video tutorialnya menyesuaikan kepala bayi bule ya.. :p . Mungkin karena orientasi saya adalah beanie untuk bayi yang baru lahir jadi yang saya buat terlihat terlalu besar. Yang jelas, setelah nanti mahir, bisa saja mengubah ukuran sesuka hati tanpa tergantung pada tutorial.

Ohya, beanie ini saya buat dalam waktu dua hari. Namun bukan berarti 2 x 24 jam. Total waktunya sekitar 5 jam. Maklum, pemula :p. Sebentar-sebentar harus mem-pause video dan mengulangi rajutan. Atau sebentar-sebentar benangnya lepas dari tangan. 😀

Tapi sangat menyenangkan! 😀

My first baby-sized beanie!

My first baby-sized beanie!

Jadi beginilah hasilnya. Setelah berhasil mencoba membuat satu (meski masih ada ketidakrapian di sana-sini) namun saya makin semangat untuk membuat lagi! Awalnya saya ingin menambahi telinga biar jadi seperti teddy bear, namun apa daya benangnya habis :D.

Untuk anakku yang belum kutemui, mau ya Nak memakai hasil rajutan Ibu? 😀

Video belajar membuat beanie bisa dilihat di sini.

Selamat mencoba!

p.s.

Special thanks to Mb Aisha Fauzia. Dari blognya saya kepo dan belajar. Karyanya lucu-lucu! ❤ Link blog bisa diklik di sini.

2 thoughts on “Let’s Crochet! A Cute Baby-sized Beanie

    • hihi,, itu jg karena sudut potretnya aja sih mb aisha, :p
      beli d Solo, kimlon klo nggak salah nama benangnya..
      tp klo buat baby benangnya kurang lembut. Cuman klo buat latihan kayaknya pas ukuran benangnya, nggak kegedean/kekecilan hehe

      gara2 kepo blognya mb aisha jadi tahu caranya buat beanie… terima kasih mb aishaa 😀

Mari berdiskusi... :)

