Daftar Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat atau vitamin B9 adalah vitamin yang sangat penting pada periode pertumbuhan dan pembelahan sel. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Asam folat juga merupakan vitamin yang sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya kecacatan syaraf pada janin yang sedang dikandungnya.

Bagi ibu hamil, sejak terlambat haid pertama dan mendapatkan hasil tes kehamilan positif, sebaiknya segera memeriksakan kehamilannya ke dokter kandungan/bidan. Biasanya dokter akan meresepkan suplemen asam folat 400 mcg/hari untuk mendukung janin mendapatkan cukup asam folat sehingga bisa tumbuh dengan sehat.

Bagi para ibu yang sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya mulai ‘menabung’ asam folat minimal empat bulan sebelum kehamilan. Apalagi kehamilan kadang datangnya kayak jodoh yang tak diduga-duga, maka sebaiknya dari sebelum menikah para calon ibu tidak hanya menabung ilmu pernikahan dan biaya resepsi, tapi juga menabung asam folat. 🙂

Berikut adalah daftar bahan makanan yang tinggi folat untuk tabungan kita para calon ibu dan penambah tabungan bagi para ibu hamil dikutip dari Global Healing Center:

  1. Sayur berdaun hijau gelap
    Sayur-sayur berdaun hijau gelap banyak ditemui di lingkungan kita. Salah satunya yang paling mudah ditemui adalah daun bayam. Selain itu ada collard hijau, turnip hijau, mustard hijau, dan romaine lettuce. Duh, ini contohnya kok sayuran londo semua ya. Hihi.. Yaa intinya banyakin sayur hijau deh. :p
  2. Asparagus
    Selain kaya folat, asparagus juga banyak mengandung vitamin lain yang diperlukan tubuh seperti vitamin K, C, A, dan Mangan.
  3. Brokoli
    Selain merupakan makanan yang bagus untuk detoksifikasi, 1 cup brokoli akan memenuhi sekitar 24% kebutuhan folat harianmu.
  4. Buah-buahan
    Buah yang kaya folat antara lain:
    – Pepaya
    – Jeruk
    – Alpukat
    – Anggur
    – Pisang
    – Strawberry
    – Raspberry
  5. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan di sini adalah kacang-kacangan sayur seperti buncis, kacang polong, dkk.
  6. Okra (ini apa ya? hihi)

    Community Gardens

    Ini apa ya? hihi (gambar diambil dari http://www.necturajuice.com)

  7. Brussel sprouts

    brussels-sprouts

    Ini apa lagi ya? (gambar diambil dari bonnieplants.com)

  8. Biji-bijian (biji bunga matahari, biji labu, dll)
  9. Kembang Kol
    1 cup kembang kol mengandung kurang lebih 55 mgr folat.
  10. Bit
    Selain kandungan folat yang tinggi, bit juga mengandung antioksidan dan bermanfaat untuk detoksifikasi.
  11. Jagung
    1 cup jagung matang mengandung 76 mcg asam folat.
  12. Seledri
    Selain baik untuk pengobatan batu ginjal, 1 cup seledri mentah mengandung sekitar 34 mcg folat.
  13. Wortel
  14. Labu dan gambas

Selain asam folat, ibu hamil dan calon ibu hamil juga sangat memerlukan asupan cukup kasium, zat besi, dan yodium. Kekurangan yodium bisa memberikan pengaruh negatif terhadap pertumbuhan otak janin.

 

Eiii.. kok jadi serem ya? Pusing semua-mua dipikirin. Makanan hari ini sudah cukup kandungan gizinya belum yaa? Folatnya udah belum yaa? Eh kayaknya masih kurang zat besi deh. Aduh yodiumnya lupa kayaknya juga kurang.

STOP!

Ibu hamil dan calon ibu hamil, yang paling penting adalah makan makanan sehat dan olahraga teratur. Dalam pemilihan makanan sehat tentunya kita ingat-ingat saja apa kata ibu kita dulu: nak, makan sayur yang banyak; nak, makan buah; dll. Nah sayurnya pilih yang hijau-hijau, buahnya pilih yang banyak di sekitar kita dan makan dengan variasi sehingga tidak bosan. InsyaAllah dedek bayi tumbuh sehat dan para calon ibu kondisinya pun siap untuk menampung calon dedek.

Good luck, Moms! 🙂

Advertisements

Mari berdiskusi... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s